RSS

LEMON CUI



Sebenarnya nama jeruk ini adalah Jeruk Kesturi (Kasturi). Jenis jeruk ini kurang populer di Indonesia. Banyak ditemui di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Di Sulut, jeruk ini disebut Lemon Cina atau Lemon cui.

Bentuk jeruk bulat kecil spt jeruk nipis, namun dia bisa dikupas spt jeruk pontianak karena kulitnya yang tipis tidak setebal jeruk nipis. Rasanya asam menyegarkan dan baunya harum. Oleh karena itu sering digunakan sbg bahan masakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan (sementara di Jawa lebih sering menggunakan jeruk nipis).

Buah yang dipetik saat masih hijau, digunakan untuk masakan. Sedangkan buah masak berwarna kuning digunakan untuk minuman.

Jeruk yang banyak airnya ini dan dikenal juga dengan nama jeruk calamondin atau kalamanji justru banyak dikenal di Eropa. Bahkan di AS, sering dijadikan suguhan di White House.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

let's bake together said...

Jenis2 ini emang rada bingungin ya. Soalnya bagi kita di pontianak, jeruk yang bagi mba itu lemon cui justru kita sebut jeruk nipis. And bagi mba jeruk nipis yang kulitnya lebih tebal itu jeruk limao. Sering ketemu temen yang pendapatnya sama tp sering juga yang beda. Duh... bingung... :)

Andaliman said...

Salam kenal mbak,
Saya penasaran gara-gara satu teman di multiply pasang nama jeruk, lemon cui. Ternyata setelah brwosing nyampelah saya di blog mbak. Dari blog mbak, diketahui kalo jeruk itu sering saya pake di Canada untuk pengganti jeruk purut. Kebetulan jeruk itu disini dengan deikenal sebagai calamansi dan banyak di pakai oleh orang2 keturunan Filipin. Makasih

UU No. 11 tahun 2008 Bab VI Pasal 25 berbunyi:

"Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang disusun menjadi karya intelektual, situs internet, dan karya intelektual yang ada didalamnya dilindungi sebagai Hak Kekayaan Intelektual berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan."